KIM (Kemampuan Indera Manusia) dalam pramuka

KIM adalah suatu jenis permainan yang ditemukan oleh Baden Powell yang diambil dari sebuah ceritanya dari buku Scouting For Boys. Tentang seorang anak laki-laki cerdas bernama Kimball O'Hara anak seorang sersan dari Resimen Irlandia yang ditugaskan di India. Orang tua KIM (panggilan namanya) meninggal ketika Kim masih sangat kecil. Kemudian Kim tinggal bersama salah seorang bibi nya.

Diceritakan Kim karena keahliannya menjadi anggota termuda dalam dinas rahasia Inggris di India (pada waktu itu India sedang dijajah Inggris). Selain karena kecerdasannya, Kim juga mempunyai pengetahuan tentang penduduk asli, karena ibunya adalah seorang wanita India. Lalu Kim belajar kepada tuan Lurgan seorang pedagang permata (Kim juga bekerja sambilan padanya). Kim belajar bagaimana cara mengingat dan mengamat-amati hal-hal kecil, yang kemudian bisa jadi suatu hal yang sangat penting yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

Kim pernah menyelamatkan kawannya yang juga sesama agen rahasia dari kejaran musuh-musuhnya di dalam sebuah kereta api, dengan cara merias kawan-kawannya seperti seorang pengemis suci, begitulah Kim dengan kecerdikannya telah berjasa menyelamatkan nyawa kawan-kawannya dari bahaya. Pengalaman Kim ini bisa dibaca lebih lengkap dari buku cerita terkenal karya Rudyard Kipling (yang juga menulis buku The Jungle Book).

Permainan game merupakan suatu latihan menggunakan panca indra untuk meningkatkan kecerdasan pemikiran atau otak kita. Meningkatkan daya pikir, kecepatan bereaksi atau mengambil kesimpulan, sekaligus kecepatan daya tangkap. Untuk mencapai hal yang baik, maka hendaknya kita harus sering berlatih menggunakan panca indera kita. Sehingga istilah Kim di analogikan dengan Kemampuan Indera Manusia.

Bentuk Permainan Kim
1. Kim Lihat
- Melihat beberapa benda sesaat, kemudian mencoba mengingatnya kembali.
- Membedakan warna-warna.
- Mengingatkan beberapa macam benda/barang yang hampir sama dan sebagainya.

2. Kim Cium
Membaui berbagai macam:
- Bumbu-bumbu.
- Wewangian.
- Bunga-bunga.
- Buah-buahan.
- Obat-obatan, dan lain-lain.

3. Kim Raba
- Meraba/memegang berbagai benda dan mencoba mengingat dan menyembuhkan apa nama benda yang dipegangnya itu.
- Benda-benda tersebut dapat dimasukkan ke dalam kantung tertutup atau mata kita yang ditutup dengan kain.

4. Kim Rasa
Hampir sama dengan Kim cium, hanya lidah yang lebih berperan merasakan manis, asam, pahit, dari berbagai buah-buahan, bumbu-bumbu, dan sebagainya.

5. Kim Dengar
- Mendengarkan berbagai bunyi-bunyian.
- Membedakan suara berbagai alat musik.
- Membedakan beberapa peristiwa/kegiatan dari suara yang didengarnya, seperti: 
  • suara kayu digergaji 
  • suara pintu terbuka atau tertutup 
  • suara orang berjalan dan lain sebagainya

6. Kim Kombinasi (Campuran)
Gabungan dari beberapa macam Kim di atas. semakin cerdas seseorang, semakin baik kemampuan panca indranya. jika ingin cerdas, banyak-banyak berlatih dan belajar.

Contoh Permainan Kim
1. Isi Kamar
Perintah tiap-tiap Pramuka bergantian masuk kedalam suatu kamar (ruangan kecil, sanggar juga bisa) selama 30 detik. setelah waktu habis, Pramuka tersebut keluar. Perintahkan setiap Pramuka untuk menuliskan suatu daftar tentang bermacam alat atau benda yang ada di dalam kamar tersebut. Siapa yang dapat menulis benda dalam jumlah paling banyak (dan benar), dialah pemenangnya.

2. Muka Berbintik
Buatlah beberapa karton empat persegi, dibagi kedalam beberapa kotak-kotak kecil. Setelah itu bagikan karton karton tersebut pada setiap Pramuka.

Kemudian pembina atau pemimpin regu menunjukkan salah karton besar dengan bentuk kotak-kotak yang sama dengan yang dibagikan pada peserta. Karton itu telah ditandai / ditempeli / digambari dengan beberapa macam benda / gambar sedemikian rupa. Peserta melihat karton besar itu dari jarak cukup jauh. Setiap Pramuka menuliskan pada kotak-kotak kosong miliknya dengan gambar yang dilihatnya pada karton besar. Untuk setiap titik/benda yang tepat, peserta akan mendapatkan nilai 5. Semakin jauh si pembinaan / pinru semakin baik.

3. Dibalik Jas Hujan
Letakkan barang sebanyak 20/30 macam di atas baki, meja, atau lantai. Misalkan 2 atau 3 kancing, pensil, secarik kain, kacang, kerikil, pisau lipat, tali potret, dan sebagainya. Tutup benda-benda itu dengan jas hujan atau kain tebal. Buat daftar dari benda-benda itu (secara alfabetis lebih baik). Panggil setiap pramuka dan perintahkan untuk melihat benda-benda itu dengan membuka jas hujan selama 1 menit (60 detik), lebih cepat lebih baik sesuaikan dengan banyaknya benda. Setelah itu tutup kembali. Pramuka yang didapat mengingat dan menuliskan benda-benda terbanyak yang tepat, ialah pemenangnya.

4. Aneh Betul Rasanya
Diambil beberapa macam bumbu atau makanan yang rasanya khas, kemudian dapat ditumbuk menjadi bubur atau selai/jus (juice). Kemudian panggil setiap Pramuka satu-persatu, berikan bubuk atau jus tadi, secara berurutan. Pramuka yang dapat mengingat dan menuliskan bumbu atau makanan yang dicicipinya dengan tepat (sesuai urutan) dialah pemenangnya.

5. Bau dan Harum
Pembina atau pemimpin regu dapat menyediakan beberapa macam benda yang mempunyai bau yang khas (bisa makanan, bumbu, obat-obatan, atau bisa juga parfum). Kemudian panggil setiap pramuka dan usapkan dengan kapas atau kain yang lembut, bau benda-benda tadi di hidung mereka. Yang dapat menyebutkan bau benda terbanyak, ialah pemenangnya.

6. Bunyi Misterius
Permainan ini juga menarik, pembina atau pemimpin regu merekam berbagai suara kaset tip. Misalkan suara tokoh-tokoh terkenal, penyanyi yang mempunyai suara suara yang juga khas. Suara-suara kegiatan yang unik, seperti, suara gergajian kayu, pintu terbuka/tertutup, suara teko saat air mendidih, dan sebagainya.

Kegiatan ini bisa dilakukan secara serempak atau perorangan. Seperti biasa pemenangnya adalah Pramuka yang dapat menuliskan suara terbanyak yang benar tentunya. Jika tidak ada tape perekam (tape recorder), pembina atau pemimpin regu dapat membunyikan suara-suara tersebut secara langsung (live), dengan menutup mata para peserta atau peserta ada di ruangan sebelah.

7. Pesan Rahasia
Semua anggota berbaris dalam barisan upacara, bisa juga duduk dalam ruangan atau di tanah/rumput. Pembina menyampaikan pesannya (sewaktu upacara atau bercerita). Setelah pesan/ceritanya selesai, pembina kemudian menanyakan apa yang telah dikemukakan sebelumnya. Pesan apa yang terkandung di dalamnya, nama-nama benda, hewan, atau orang yang ada dalam pesan/cerita. Pramuka yang paling banyak menimbulkan apa yang disampaikan si pembina, itulah pemenangnya. Pembina juga lupa untuk menuliskan dahulu daftar pesan, agar tidak lupa.

8. Barang Dalam Karung
Pembina mengambil berbagai macam benda dan memasukkan dalam karung yang tidak tembus pandang. Bola tenis, bola pingpong, pensil, batu, mata uang logam (koin), kelereng, kaset, jam tangan, dan sebagainya. Tiap-tiap Pramuka kemudian secara bergantian memasukkan tangannya ke dalam karung, meraba benda-benda dan mengingatnya. Selain itu, mereka harus membuat daftar dan menuliskan benda-benda yang ada di dalam karung. Pemenangnya adalah Pramuka yang dapat menuliskan benda terbanyak.

Permainan KIM ini banyak sekali variasinya. pembina yang kreatif dapat membuat berbagai jenis permainan KIM. Permainan ini sangat menarik perhatian peserta didik, terutama pramuka siaga dan penggalang. Permainan-permainan di atas tadi diambil dari buku Scouting For Boys, karya Baden Powell.

Motivasi : "Berhentilah memandang rendah akan orang lain, karena mereka yang kamu rendahkan bisa jadi ada diatasmu suatu saat nanti".

0 Response to "KIM (Kemampuan Indera Manusia) dalam pramuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel