Permainan - Permainan Dalam Kegiatan Pramuka


1. TEBAK GAYA
Tujuannya    : Agar setiap peserta memiliki daya ingat dan mampu menyampaikan apa yang dilihatnya

Langkah - langkah :
  • Seluruh peserta agar berbaris berbanjar (semangkin banyak peserta semangkin bagus)
  • Peserta kedua dan sampai terakhir membelakangin peserta yang pertama.
  • Peserta pertama menyampaikan kepada peserta yang dibelakangnya dengan menepuk punggung dan memperagakan gerakan-gerakan yang sudah diberikan instruktur (maximal 3 gerakan saja) tanpa bersuara
  • Peserta kedua  memperagakan kepada peserta ketiga apa yang dilihatnya dari peserta pertama begitu seterusnya sampai akhir
  • Setelah sampai dipeserta terakhir lalu lihat apa yang diperagakan orang terakhir dan cocokan dengan peragaan orang pertama disini lah letak keunikannya dan kelucuannya pasti berbeda. 
Penting    : permainan ini menyampaikan bahwa jika berita atau informasi disampaikan dari satu individu dan individu yang lain atau tidak dari sumbernya langsung. maka yang akan terjadi disinformasi dan terjadilah yang namanya HOAX.

2. BUAT URUTAN BARISAN
Tujuannya    : Agar Setiap Peserta mengenal pribadi setiap peserta dan menjaga kekompakan setiap kelompok

Langkah - langkah :
  • Seluruh Peserta membuat masing-masing kelompok, Jumlah peserta setiap kelompok harus sama jumlahnya
  • Masing - masing kelompok membuat barisan berbanjar
  • Setelah itu seluruh kelompok mendengarkan instruksi membuat urutan barisannya apa (Urutkan sesuai Tinggi badan, Tanggal lahir, Bulan lahir, Nama sesuai abjad, dan lain-lain.
  • Setiap kelompok membentuk urutan tersebut sesuai dengan instruksi dan mengurutkan dengan waktu yang cepat dan rapi
  • Kelompok yang sudah berurut dan rapi akan mendapatkan poin 1

Penting    : Permainan ini harus saling terbuka dan meberikan informasi kepada temannya supaya bisa mengurutkan apa pertanyaan dari instruktur, dan harus lebih peka supaya bisa mendapatkan poin di permainan ini 

3. TANGKAP KERTAS 
Tujuannya    : Agar setiap peserta memiliki kesabaran dan konsentrasi tinggi
 
Langkah - langkah :
  • Peserta harus saling berpasangan, berpasangan bukan kelompok tetapi menjadi persaingan dalam pasangan tersebut.
  • Peserta menyiapkan kertas dan membuat bulatan seperti bola hanya 1 saja
  • Peserta mendengarkan instruksi aba-aba apa saja yang disebut agar memegannya, contohnya: kepala harus pegang kepala, pundak harus pegang pundak, dan kalau ada aba-aba pegang kertas secara cepat harus mengambilnya.
  • Peserta yang tidak mendapatkan kertas dapat hukuman 

Penting    : Permainan ini tak hanya tidak dapat kertas aja yang di hukum kalau salah memegang sesuatu bisa juga dihukum, hukuman bisa berupa nyanyian atau pun hafalan surah dan lain-lain.

4. SALAH BENAR
Tujuannya    : Agar setiap individu maupun kelompok menjaga konsentrasi dan mengasah daya ingatnya.

Langkah - langkah : 
  • Setiap peserta membuat kelompoknya masing-masing dan harus sama jumlahnya dengan kelompok yang lain
  • Masing-masing kelompok berbaris berbanjar dan setiap peserta memegang pundak peserta yang ada didepannya 
  • Setelah itu instruktur menyebutkan Rumusnya terlebih dahulu (Salah, Benar) dan menyebutkan soal pertama dengan rumus salah. ketika intruktur bilang lompat kedepan, Setiap kelompok harus lompat kebelakang.
  • Akan tetapi jika rumusnya benar apa perintah dari instruktur ikutin saja
  • Kelompok yang lompatanya berantakan atau pun salah tidak dapat poin, sedangkan kelompok lompatnya secara benar dan kompak maka peserta mendapatkan poin

Penting    : Permainan ini SALAH dan BENAR jika Rumusnya SALAH apa yang diperintahkan lawan katanya sedangkan jika rumusnya BENAR maka lakukan saja apa yang diperintahkan instruktur. 

5. TERELIMINASI
Tujuannya    : Agar setiap peserta bisa melihat dan mengukur kelebihan dan kekurangan setiap peserta
 
Langkah - langkah :
  • Peserta tidak memiliki kelompok seperti permainan yang lainnya (permainan individu)
  • Peserta seluruhnya berdiri dan mendengarkan pertanyaan dari instruktur
  • Peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari instruktur bisa mengeliminasi 1 peserta yang lainnya yang menurutnya lumayan mengerti (pintar)
  • Peserta yang masih berdiri terakhir dan yang lainnya duduk semua maka peserta yang masih berdiri dinyatakan sebagai pemenangnya.
Penting    : Pertanyaan dari instruktur bisa saja mengenai ilmu pengetauan, ataupun materi-materi dari kegiatan tersebut (pertanyaan bebas yang penting pertanyaan yang bersifat umum)

0 Response to "Permainan - Permainan Dalam Kegiatan Pramuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel